Friday, January 23, 2009

Perubahan..haruskah?

Seiring dengan berjalannya waktu..banyak hal yang mengikuti perjalanan waktu itu juga. Tanpa kita sadari semua itu berjalan dengan sendirinya dan terlihat amat natural. Namun, apabila perubahan itu menimbulkan dampak-dampak yang setidaknya melenceng dari sebelum perubahan dimulai, apakah masih bisa dinyatakan bahwa "perubahan itu awal dari kesuksesan". Fenomena ini terkesan ganjil mungkin, akan tetapi dengan merasakan adanya perbedaan-perbedaan tersebut, kita lebih peka terhadap apa yang kita hadapi sesungguhnya.
Semua itu saya rasakan sendiri saat ini, dan ketika saya menulis postingan ini pun kejadiannya masih berlangsung dan saya juga tidak tahu kapan akan berakhir. Akhir-akhir ini, tepatnya semenjak saya duduk di tingkat akhir SMA. Entah saya terlalu sensitif atau memang ini yang sedang terjadi, saya mendapati beberapa teman yang dekat dengan saya agak berubah sikapnya. Menurut penilaian saya, mereka menjadi tidak sepaham dengan saya. Yang biasanya berbagi pengalaman, kini tidak lagi. Yang biasanya tegur sapa, kini tidak lagi. Apa ada yang salah dengan diri saya? Saya mengajukan pertanyaan itu berulang kali terhadap diri saya sendiri sebelum mengutarakan pikiran saya ini. Dan mungkin hal ini benar.

Salah seorang sahabat saya juga menyadari hal itu. Kami berdua berpikir bahwa perubahan dari mereka yang kami maksud jelas adanya. Sebagai seorang teman saya hanya bisa menilai, untuk memberi tahu perubahan mereka mungkin kurang pantas saya sampaikan. Mungkin ada yang a berpendapat bahwa saya seharusnya memberi tahu mereka, tapi saya teringat pembicaraan saya dengan seorang psikolog di Jakarta beberpa waktu lalu. Jika kita mendapati orang lain berbuat sesuatu yang salah, jangan langsung memberi tahunya. Lihat sikonnya dan apakah perbuatan mereka mengganggu orang lain atau tidak. Mungkin pada saat ini hanya saya dan sahabat saya yang merasa terganggu oleh perubahan sikap yang drastis itu, tetapi jika di lain hari keadaan ini merubah pandangan orang lain, tindakan saya sebagai teman akan berlanjut.

Ya, inilah hidup. Segala sesuatunya dapat terjadi, hanya itu yang terus saya ingat di benak saya. Ketika seseorang beranjak ke jenjang yang lebih tinggi, terkadang perubahan itu muncul. Sifat dasar manusia lah semuanya. Merasa ingin terlihat menonjol, lebih hebat dan ingin dihargai oleh semua orang.. Mungkin fase ini yang sedang saya hadapi. Dimana saya berhadapan dengan teman-teman yang sedang menuju pencarian jati diri sebenarnya dan termasuk saya di dalamnya.
Inilah perjalanan dan masa yang haru s dihadapi. Dengan segala situasi dan kondisi, kita harus dapat menyesuaikan. Seperti hukum alam Siapa yang dapat menyesuaikan diri, maka dialah yang dapat bertahan hidup.

No comments: